RPP Tematik (Kegemaran)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan: Sekolah Dasar

Kelas / Semester       : III (tiga) / I

Tema                                : Kegemaran

Waktu                               : 5 x 35 menit (175 menit)

Hari/ Tanggal              : Jum’at, 05 Nopember 2010

 

Standar Kompetensi :

Bahasa Indonesia

Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan.  

Matematika

Bilangan

Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka.

SBK

Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana.

Kompetensi Dasar  :

Bahasa Indonesia

Menjelaskan petunjuk penggunaan sesuatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan.

Matematika

Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.

SBK

Membuat benda yang dapat digerakkkan oleh angin dari bahan kertas.

Indikator  :

Kognitif

            Bahasa Indonesia

  1. 1.      Menyebutkan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

     Matematika

  1. 2.      Menyebutkan bilangan tiga angka dengan tepat.

       SBK

  1. 3.      Menyebutkan petunjuk membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas dengan tepat.

     Kinerja

     Bahasa Indonesia

  1. 4.      Menuliskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

     Matematika

  1. 5.      Menuliskan bilangan tiga angka secara benar dipapan tulis.

     SBK

  1. 6.      Menuliskan petunjuk membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas dengan tepat.

Psikomotor

     Bahasa Indonesia

  1. 7.      Mengurutkan petunjuk membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas dengan tepat sesuai dengan yang sebenarnya.

     Matematika

  1. 8.      Menceritakan pengalaman pribadi yang berkaitan dengan uang.

     SBK

  1. 9.      Membuat benda sederhana yang bisa digerakkan oleh angin.

     Afektif

     Bahasa Indonesia

  1. 10.  Memahami dan menghargai hasil dari pekerjaan orang lain dalam membuat sesuatu benda.

     Matematika

  1. 11.  Menanggapi permasalahan yang berhubungan dengan uang.

     SBK

  1. 12.  Menentukan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat benda sederhana yang bisa digerakkan oleh angin.
  1. A.       Tujuan Pembelajaran

Kognitif

Bahasa Indonesia

  1. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

Matematika

  1. Melalui tanya jawab dan bimbingan, siswa dapat menyebutkan bilangan tiga angka secara tepat.

SBK

  1. Melalui tanya jawab dan bimbingan, siswa dapat menyebutkan petunjuk membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas dengan tepat

Kinerja

Bahasa Indonesia

  1. Melalui gambar dan persentasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat menuliskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

Matematika

  1. Melalui gambar dan persentasi yang ditunjukan guru, siswa dapat menuliskan bilangan tiga angka dipapan tulis dengan benar.

SBK

  1. Melalui gambar dan persentasi yang dilakukan guru, siswa dapat membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas dengan tepat.

Psikomotor

Bahasa Indonesia

  1. Melalui kerja kelompok dan bimbingan, siswa dapat mengidentifikasi urutan petunjuk membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas dengan tepat sesuai dengan yang sebenarnya.

Matematika

  1. Siswa dapat mendeskripsikan pengalaman pribadi yang berkaitan dengan uang didepan kelas dengan benar.

SBK

  1. Melalui kerja kelompok dan bimbingan, siswa dapat menyebutkan cara membuat benda sederhana yang bisa digerakkan oleh angin.

Afektif

Bahasa Indonesia

  1. Melalui persentasi dan kerja kelompok, siswa dapat memahami dan menghargai hasil dari pekerjaan orang lain dalam membuat sesuatu benda sederhana yang bisa digerakkan oleh angin.

Matematika

  1. Melalui tanya jawab dan bimbingan, siswa dapat menanggapi permasalahan yang berhubungan dengan uang.

SBK

  1. Melalui persentasi dan bimbingan, siswa dapat menentukan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat benda sederhana yang bisa digerakkan oleh angin.

 

  1. B.        Materi Pokok
    1. Bahasa Indonesia                      :

Menjelaskan Urutan Kegiatan

     Dalam pelajaran ini kamu dapat menjelaskan cara membuat atau melakukan sesuatu. Kamu dapat menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dipahami. Dengan demikian, orang yang mendengarkan dapat memahami maksudmu.

Pernahkah kamu membuat sebuah benda ? Misalnya membuat kerajinan tangan atau melakukan percobaan dalam pelajaran IPA. Ketika membuat sebuah benda, biasanya ada cara-cara yang harus diikuti. Ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Dengan demikian, kamu dapat pula menjelaskannya kembali.

Berikut ini adalah cara membuat kincir angin sederhana dari kertas. Bacalah terlebih dahulu cara-caranya. Sambil membaca, pahami baik-baik urutannya.

Kincir Angin Sederhana

Alat dan bahan     :

  • Kertas karton ukuran 15cm x 15cm
  • Gunting
  • Pensil
  • Penggaris
  • Paku payung
  • Batang kayu kecil yang panjangnya 25cm

Langkah kerja      :

  • Gambarlah pada kertas karton dua garis menyilang dengan pensil. Pada bagian tengah dari pertemuan dua garis silang, buatlah lobang kecil.
  • Potonglah kertas menurut garis bersilang yang telah kamu buat dengan gunting. Potonglah hingga setengahnya atau mendekati sumbu poros.(berhati-hatilah menggunakan gunting jangan sampai melukai tanganmu)
  • Tekuklah bagian yang telah digunting kearah poros dan tusukkan paku payung dibagian porosnya.
  • Tusukkan paku pada sebatang kayu yang telah kamu siapkan. Kemudian tiuplah kincir itu dari arah depan.
  1. Matematika                               : Masalah yang Melibatkan Uang (Buku terlampir;1)
  2. SBK                                          : Kincir Angin ;
  1. C.       Pendekatan, model dan Metode :
  2. Pendekatan          :  Tematik
    1. Model                  :  Demonstrasi, Kooperatif
      1. Metode                :  Ceramah, tanya jawab, kerja kelompok dan penugasan.
  1. D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Tahapan

Uraian Kegiatan Pembelajaran

Alat dan Media Pembelajaran

Alokasi

waktu

Pendahuluan
  • Membaca doa
  • Mengkondisikan kelas
  • Memeriksa kehadiran siswa
  • Melakukan pemanasan sebelum belajar dengan bernyanyi lagu Membuat Kincir Angin (Nada Lagu :Menanam Jagung).(lampiran 2)
  • Guru melakukan appersepsi mengaitkan lagu tersebut dengan tema yang akan dipelajari yaitu tentang “Kegemaran”.
Laptop+LCD / Kapsen; lagu Membuat Kincir Angin Sederhana ± 15 menit
Kegiatan Inti
  • Guru melakukan tanya jawab tentang kegemaran masing-masing siswanya.
  • Guru menanggapi jawaban dari masing-masing siswa.
  • Guru menyampaikan Tema yang akan dipelajari yaitu “Kegemaran”
  • Guru menyampaikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan yaitu tentang membuat kincir angin sederhana dari kertas.
  • Guru menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk demonstrasi didepan kelas.
  • Sebelum melakukan demonstrasi guru melakukan tanya jawab seputar materi yang akan disampaikan yaitu tentang membuat kincir angin sederhana dari kertas*.Misalnya tentang bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat kincir angin sederhana dan dapat dilanjutkan dengan menanyakan bagaimana cara membuatnya serta besar biaya yang diperlukan untuk menyiapkan bahan-bahan tersebut. Dalam kegiatan ini siswa bisa saja diminta maju kedepan ketika menyebutkan harga bahan dengan lambang bilangan yang tepat untuk menuliskannya secara benar.
  • Guru menanggapi jawaban siswa sambil memberikan penguatan*. Misalnya Bagus sekali jawaban kamu!, anak pintar!, terimakasih sayang!, dll.
  • Guru mendemonstrasikan cara membuat kincir angin sederhana menggunakan kertas dengan bahasa yang baik dan benar.
  • Guru mempersilahkan kepada siswa untuk bertanya tentang hal yang baru disampaikan.
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan guru membagikan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kincir angin sederhana beserta LKS yang harus mereka kerjakan berkelompok.(Lampiran 3)
  •  Siswa membuat kincir angin sederhana dari kertas secara berkelompok.
  • Guru membimbing siswa dalam bekerja kelompok dengan baik.
  • Siswa mempersentasikan hasil kerja mereka secara bergantian dilanjutkan membacakan hasil kerja mereka dilembar LKS yang telah disediakan.
  • Guru membimbing siswa menghargai hasil kerja dari kelompok lain dengan mengajak siswa yang lain memberi aplause atas penampilan kelompok yang maju kedepan untuk mempertasikan hasil kerja mereka.
  • Siswa duduk kembali dan diminta mengisi angket dikolom setuju dan tidak setuju untuk melakukan penilaian pada aspek apektif secara klasikal.(lampiran 4)
  • Guru melakukan tanya jawab seputar urutan petunjuk membuat kincir angin sederhana dengan kertas.
  • Siswa menuliskan urutan petunjuk membuat kincir angin sederhana
  • Siswa disuruh mengingat kembali pengalaman pribadi yang berkaitan dengan uang.
  • Siswa diminta menuliskan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan uang.
  • Siswa diminta mencerikan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan uang.
  • Dengan bimbingan guru meminta siswa menanggapi cerita teman mereka tentang pengalaman pribadi yang berhubungan dengan uang.
  • Guru memberikan pesan moral dari cerita anak yang berhubungan dengan masalah uang dengan mempergunakannya secara benar dan tepat.
    • Alat dan bahan membuat kincir angin sederhana.
    • LKS
    • Angket penilaian Afektif
± 125 menit
Kegiatan Akhir
  • · Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran yang baru saja dipelajari.
  • · Guru memberikan evaluasi (tertulis)
  • · Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
  • · Guru memberikan saran dan nasihat.
  • · Guru menutup pelajaran.
    •  Soal Evaluasi
    • PR
± 35 menit
  1. E.    Sumber,  Alat dan Bahan

Sumber                             :

  1. BSE “Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas” Kelas III karangan Edi Warsidi dan Farika. Penerbit Pusat Perbukuan.
  2. BSE “Cerdas Berhitung Matematika” Untuk SD Kelas III karangan Nur Fajariyah, Defi Triratnawati. Penerbit Pusat Perbukuan
  3. http://www.crayonpedia.org/mw/Membuat_Kincir_Angin_Sederhana_3.2
  4. SBK untuk kelas III SD
  5. Buku Pembelajaran Tematik 3B “Belajar Lebih menyenangkan” serta Kurikulum KTSP “Silabus Tematik Kelas III”

Media                              :

  1. Laptop
  2. LCD
  3. LKS
    1. Papan tulis dan Kapur tulis, dll.
  1. F.    Penilaian

Penilaian Proses               : Pengamatan selama kegiatan kelompok (lampiran 6)

Penilaian Hasil         : Tes tertulis / Objektif (lampiran 7)

Instrumen                 : Terlampir(8)

Pedoman Penskoran tes tertulis:

Setiap jawaban yang benar diberi skor 20

Skor Perolehan  X 100   =

Skor Maksimal

Kegiatan dikatakan berhasil jika lebih dari 60% siswa mendapatkan nilai 60 ke atas.

Banjarmasin, 05 Nopember 2010

Kelompok 1B(WanS_Karu)

LAMPIRAN

Lampiran 2

Membuat Kincir Angin( Nada Menanam Jagung)

Ayo Kawan kita semua

Membuat kincir angin sederhana

Gambar kertasnya dengan menyilang

Berilah lobang ditengah bagian

Potong potong potong yang rapi

Kertasnya cantik indah sekali

Tekuklah kertas setengah poros

Tusukkan paku dilobang tengahnya

Tancapkan dengan kayu yang ada

Jadilah sudah kincir anginnya

Kincir kincir kincir anginku

Warnanya indah senang hatiku

Lampiran 3

LKS Kelompok

  1. Kemanakah arah putarnya ?
  2. Dari arah manakah kincir berputar ?
  3. Tiuplah kincir dari arah samping. Apakah kincir bergerak(melakukan putaran) ?
  4. Tiuplah kincir dari arah belakang. Apakah kincir bergerak(melakukan putaran) ?
  5. Bawalah kincir berlari. Apa yang terjadi ?
  6. Bahan apa saja yang kamu gunakan untuk membuat baling-baling kincir ?
  7. Mengapa kincir angin yang kamu buat dapat berputar ?
  8. Berapakah banyak uang yang kamu perlukan untuk membuat kincir angin ?
  9. Jika kamu mau memasarkannya(menjual). Berapakah harga yang kamu tawarkan ?
  10. Kepada siapa kamu akan menawarkannya ?

Kunci LKS

  1. Searah jarum jam (tergantung tekukkan yang dibuat anak)
  2. Arah jarum jam (tergantung tekukkan yang dibuat anak)
  3. Bergerak dan tidak bergerak(tergantung dari arah samping mana;tekukkan kertas berporos)
  4. Tidak bergerak
  5. Kincir angin akan berputar cepat tergantung kecepatan berlari.
  6. Kertas
  7. Karena kincir angin mendapat tekanan udara yang sesuai.
  8. Kebijaksanaan guru


Lampiran 4

Penilian pada aspek Afektif

Isilah Kolom dibawah ini dengan tepat :

No

Kegiatan

Setuju

Tidak Setuju

1

Belanja makanan secukupnya

2

Makan sebanyak-banyaknya

3

Bermain kincir angin sampai malam

4

Menabung

5

Membelanjakan uang secara boros

Kunci Jawaban

No Setuju Tidak Setuju

1

2

3

4

5

Bobot Penilaian :

Setiap jawaban yang benar maka akan mendapatkan nilai 20

Setiap jawaban yang salah maka akan mendapatkan nilai 0.

Maka total nilai 20 x 5 = 100

Kreteria :

Anak dikatakan berhasil apabila memperolen nilai lebih dari atau sama dengan 60.


Lampiran 5

Format Spesifikasi Penilaian

 

No

Nama

Kreteria penyelesaian benda sederhana

Total Skor Nilai

Kognitif

Kinerja

Psikomotor Afektif

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

KolomKognitif, Kinerja, Psikomotor, dan Afektif   diisi berdasarkan Total Skor dibagian Format penilaian Kognitif, Kinerja, Psikomotor, dan Afektif. Sehingga diperoleh rumus :

Kognitif+Kinerja+Psikomotor+Afektif   = Total Skor

4                                          Nilai

Bobot penilaian :

Setiap 1 buah kolom yang di beri tanda ( √ ) memiliki skor nilai 25, total 100.

Kreteria :

Saat proses Kerja kelompok guru dapat menilai anak dengan cara :

  • Apabial anak terlihat Kreatif maka beri tanda  ( √ ) pada Kolom Kreatifitas

Lampiran 7

   Format Penilaian Kinerja

 

No.

Nama

Aspek

Total Skor Nilai

Keaktifan

Ketepatan

1

2

3

4

5

6

                       Format Penilaian Afektif

 

No.

Nama

Aspek penilaian

Total Skor Nilai

Empati

Keseriusan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

12

12

Bobot penilaian :

Setiap 1 buah kolom yang di beri tanda ( √ ) memiliki skor nilai 50, total 100.

Kreteria :

Saat proses KBM guru dapat menilai anak melalui kinerja anak dengan cara :

  • Apabial anak terlihat peduli terhadap teman maka beri tanda  ( √ ) pada Kolom empati
  • Apabial anak terlihat serius maka beri tanda ( √ )  pada Kolom keaktifan

(WanS_Karu_Lea RPP Tematik III/I)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s